Apa sih Makanan Lumba-lumba?

Makanan ikan Lumba-lumba

sumber gambar: digitaltrends.com

infohewan.com – Makanan lumba-lumba sangat bervariasi. Bahkan boleh dibilang lumba-lumba sebenarnya adalah predator. Mereka makan hampir setiap hewan yang ada di laut, mulai dari cumi-cumi, berbagai jenis ikan, seperti ikan Mackerel, Cod dan Herring, juga ikan-ikan kecil hingga plankton. Lumba-lumba juga makan udang serta krustasea lainnya. Lumba-lumba yang lebih besar bahkan mengonsumsi paus pembunuh, dan beberapa mamalia laut yang lain, seperti anjing laut dan singa laut, terkadang juga penyu.

Kebutuhan Makan Lumba-lumba

Umumnya, kebutuhan makan lumba-lumba dewasa setiap harinya berkisar antara 4 hingga 5% dari bobot tubuhnya, sementara lumba-lumba yang sedang menyusui membutuhkan makanan per hari sebesar 8% dari bobot tubuhnya. Tahukah Kamu? Ternyata lumba-lumba tidak mengunyah hewan yang dikonsumsinya, mereka langsung menelan bulat-bulat makanannya.

Cara Lumba-lumba Mencari Makanan

Dalam mendapatkan makanannya, lumba-lumba akan mencarinya bersama kelompoknya. Secara bersama-sama mereka melakukan teknik yang disebut herding. Dengan teknik itu sekawanan lumba-lumba mengepung kumpulan ikan-ikan kecil lalu dengan gerakannya yang cepat mereka memasukkan ikan-ikan kecil itu ke mulutnya dan langsung menelannya. Teknik lain yang lumba-lumba lakukan adalah melumpuhkan mangsanya dengan menggunakan sepakan dari ekornya. Sepakan ekor lumba-lumba bisa membuat kelengar hewan mangsanya loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>