Ikan Piranha, Berbagai Fakta dan Khasiatnya

Ikan Piranhainfohewan.com – Ganas dan menakutkan adalah kata-kata yang terlintas ketika kita mendengar kata ikan piranha. Saking ganasnya bahkan ikan ini dijadikan film oleh Hollywood sebagai predator yang sangat mematikan. Namun, apakah sebenarnya ikan ini memang sangat berbahaya? Bahkan lebih berbahaya dari ikan hiu atau paus?

Ikan piranha termasuk ke dalam kelompok ikan yang ganas. Ikan ini walaupun tubuhnya lebih kecil dibandingkan ikan pemangsa yang lain, piranha tidak segan-segan untuk memangsa hewan yang ukurannya jauh lebih besar. Seperti hiu, hewan ini sangat sensitif terhadap bau darah. Darah membuat mereka lebih agresif sehingga tidak mengherankan jika piranha akan mencabik-cabik mangsanya.

Piranha memiliki rahang yang sangat kuat dan gigi mereka mirip baji seperti halnya pada ikan hiu. Otot-otot rahang piranha sangat kuat sehingga tidak mengherankan ketika piranha mampu mencabik-cabik mangsanya yang ukurannya jauh lebih besar. Wajah piranha terlihat tumpul karena piranha memiliki moncong yang pendek.

Ikan piranha adalah ikan air tawar sehingga ikan ini dapat ditemui di sungai-sungai di daerah Amerika Selatan, tepatnya di daerah Venezuela. Di balik keganasan piranha sebenarnya piranha bukanlah ikan yang sangat berbahaya dan merugikan bagi makhluk hidup lain.

Di daerah hutan hujan tropis di Peruvian, orang-orang setempat percaya bahwa daging ikan piranha memiliki banyak khasiat. Bagi pria, daging ikan piranha ini dipercaya dapat meningkatkan vitalitas. Bagi wanita, daging ikan ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan.

Dokter Flor yang merupakan dokter di daerah Peruvian mengatakan bahwa daging ikan piranha ini merupakan salah satu obat mujarab yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Mitos bahwa ikan ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, memang telah beredar cukup lama. Namun, sebenarnya belum ada penelitian ilmiah mengenai hal ini, ujar Celso Pardo yang merupakan Dekan dari Lima Pharmalogical Institute. Beliau berpikir pandangan itu ada hanya karena asumsi orang yang melihat ikan piranha sebagai ikan yang kuat dan tangguh, sehingga mereka berpikir dengan menyantap piranha mereka juga bisa menjadi kuat dan tangguh layaknya piranha.

Namun, anggapan ilmuwan tidak menyurutkan orang-orang yang percaya bahwa ikan ini memang memiliki khasiat. Sebagai contoh, seorang nelayan, Miguel Soccoro, telah disterilisasi sebelum dia mengkonsumsi ikan piranha. Namun ketika dia mengkonsumsi ikan piranha, pasangan suami istri ini dapat memiliki anak.

Lalu ada cerita lagi dari seorang wanita yang telah berusia 40 tahun dapat melahirkan seorang anak setelah mengkonsumsi piranha. Padahal sebelumnya wanita ini belum pernah melahirkan dan dinyatakan tidak subur. Dan masih banyak cerita lain yang memang membuktikan khasiat dari ikan piranha ini.

Dibutuhkan keahlian khusus untuk menangkap ikan yang satu ini. Seorang nelayan harus berangkat pagi-pagi sekali untuk memancing. Setelah itu, nelayan akan menggunakan darah sebagai umpannya. Seperti yang kita tahu bahwa piranha memang sangat sensitif sekali dengan darah. Tidak hanya itu, nelayan juga menyiapkan umpan lain yaitu daging merah segar. Jika piranha telah memakan daging merah segar, maka nelayan akan segera menarik umpan dan menangkap piranha.

Proses penangkapan ikan piranha cukup sulit jika dibandingkan menangkap jenis ikan yang lain. Namun seorang nelayan yang telah terlatih dapat menangkap ikan piranha sebanyak 12-15 ekor per harinya. Soccoro juga menambahkan bahwa bisnis ikan piranha sangat menunguntungkan jika dibandingkan bisnis ikan yang lain. Hal ini mungkin karena daya jual piranha yang sangat tinggi dikarenakan khasiatnya.

Saat ini piranha juga dapat dipelihara sebagai ikan hias di rumah. Di Indonesia sendiri ada beberapa orang yang membudidayakan ikan piranha. Mereka mengatakan bahwa banyak orang yang menyukai ikan piranha dikarenakan bentuknya yang unik. Nah ternyata di balik keganasan piranha, ikan yang satu ini juga menyimpan manfaat bagi manusia walupun memang belum ada penelitian medis yang mendalam mengenai khasiat piranha. Nah apakah anda tertarik untuk mencoba khasiat daging ikan piranha?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>