Masa Hidup (Usia) Seekor Kucing

Masa Hidup Usia Kucinginfohewan.com – Seiring dengan bertambahnya pengetahuan manusia tentang hewan peliharaan yang satu ini, yaitu kucing, maka angka harapan hidup mereka juga semakin meningkat. Sekitar 20 tahun yang lalu, kucing hanya dapat hidup selama 4 hingga 6 tahun saja. Sekarang, angka tersebut semakin meningkat, kini kucing dapat hidup hingga umur mereka 15 tahun atau lebih. Panjang pendeknya umur kucing dipengaruhi oleh banyak faktor. Tetapi yang utama adalah apakah kucing tersebut termasuk ke dalam kucing yang dipelihara di rumah atau kucing liar?

Kalau berbicara kucing peliharaan, biasanya mereka memiliki masa hidup yang lebih panjang dibandingkan dengan kucing liar. Umumnya, kucing peliharaan dapat hidup hingga berusia 12 sampai 18 tahun. Beberapa mungkin dapat hidup sampai usia 20an. Sampai saat ini, tercatat, kucing yang paling lama hidup dapat mencapai usia 28 tahun. Beberapa sumber juga melaporkan bahkan ada kucing yang hidup hingga usia 37 tahun, menurut klaim pemiliknya.

Pemberian nutrisi yang baik membuat kucing peliharaan lebih memiliki ketahanan yang baik dibandingkan dengan kucing liar. Rutinnya si pemilik dalam membawa peliharaannya ke dokter hewan membuat kucing peliharaan terbebas dari berbagai macam penyakit.

Lain lagi dengan kucing liar yang hidup di luar rumah. Mereka umumnya hanya dapat hidup hanya hingga usia 4-5 tahun. Kematian mereka yang lebih cepat dibandingkan kucing peliharaan umumnya disebabkan oleh trauma yang mereka alami, seperti tertabrak motor atau mobil ataupun akibat serangan anjing. Kucing liar juga rawan tertular penyakit infeksi akibat virus dari kucing liar lain yang telah terinfeksi. Faktor nutrisi yang kurang baik semakin melengkapi penyebab kenapa kucing liar relative berumur sangat pendek bila dibandingkan dengan kucing peliharaan.

Tahukah Kamu? Jenis hewan yang termasuk ke dalam keluarga kucing yang paling lama bertahan hidup, usia rata-ratanya, adalah Jaguar.


loading...

One comment

  1. 1

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>