Fakta-Fakta Belalai Gajah

infohewan.com – Belalai gajah merupakan salah satu bagian tubuh yang mengagumkan yang dimiliki oleh mahluk hidup. Bentuknya yang unik membuatnya menjadi salah satu ciri fisik tersendiri bagi gajah. Banyak fakta menarik seputar belalai gajah yang bisa kita ketahui, berikut ini beberapa di antaranya:

Belalai gajah merupakan gabungan bibir bagian atas dengan hidung, dimana kedua lubang hidungnya ada di sepanjang belalai. Pada ujung belalai dapat dijumpai perbedaan antara gajah Afrika dan gajah Asia. Pada gajah Afrika di ujung belalainya terdapat dua benjolan (yang bisa bertindak layaknya jari), sedangkan pada gajah Asia hanya terdapat satu benjolan pada ujung belalainya. Benjolan atau jari yang terdapat pada ujung belalai memiliki kekuatan yang besar sehingga berbagai fungsi kegiatan bisa dilakukan oleh belalai gajah, termasuk mengangkat benda-benda yang berat.

Belalai Gajah Unik

Belalai gajah dilengkapi oleh banyak otot yang kuat. Paling tidak diketahui terdapat 8 otot utama dan 150 ribu bundle otot. Hal tersebut membuat belalai gajah sangat kuat hingga bisa mendorong roboh sebuah pohon ataupun mengangkat beban yang sangat berat.

Belalai gajah dapat Bergerak Fleksibel. Layaknya lidah manusia yang tak bertulang, belalai gajah pun demikian. Struktur belalai gajah adalah kumpulan otot tak bertulang yang dapat bermanuver dengan leluasa. Tak heran kalau dalam hidupnya gajah sangat mengandalkan belalai dalam beraktivitas.

Gajah dapat berjalan di dalam air berkat belalainya. Dalam hal ini belalai gajah berfungsi layaknya snorkel. Dengan mengarahkan belalainya keluar dari air saat berada di dalam air, gajah dapat berjalan di dalam air saat menyeberangi sungai.

Belalai Gajah

Belalai gajah juga merupakan indera penciuman. Di dalam belalai gajah terdapat sensor olfaktori (penciuman) yang terdiri dari jutaan sel-sel reseptor. Kemampuan penciuman gajah sangat mengagumkan, sangat sensitif, sehingga karenanya gajah dapat mencium adanya air dari jarak beberapa kilometer. Jika dibandingkan dengan anjing polisi, kemampuan penciuman belalai gajah jauh lebih kuat, yaitu 4 kali lebih sensitif.

Belalai gajah tidak hanya sensitif terhadap bau, tapi juga terhadap getaran. Gajah dapat mendeteksi adanya gerakan kawanan hewan yang berlari dari getaran yang dia rasakan melalui belalainya.

Belalai gajah dapat menyedot air hingga lebih dari 30 liter dengan cepat, dan dapat menahannya untuk beberapa saat sebelum akhirnya disembur atau dikeluarkan. Gajah tidak minum melalui belalainya, melainkan gajah minum dengan menggunakan belalainya yang memasukkan air ke dalam mulutnya.

Belalai gajah juga digunakan sebagai alat dalam hubungan sosialnya. Misalnya pada hubungan ibu dan anak gajah. Ketika membelai atau saat melindungi anaknya, sang ibu gajah menggunakan belalainya. Belalai digunakan sebagai alat untuk mengekspresikan apa yang dirasakan gajah saat itu. Bahkan, belalai juga digunakan oleh gajah sebagai alat untuk menenangkan dirinya sendiri (self-soothe).


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>