Ciri-Ciri Khusus Cicak

infohewan.com – Hampir setiap kediaman atau rumah di Indonesia pasti dihuni oleh hewan kecil ini. Dia disebut cicak atau dalam nama latin disebut dengan Hemidactylus frenatus. Cicak rumah memang banyak ditemukan di kawasan Asia, terutama di tempat yang beriklim tropis. Sebagai hewan yang dekat dengan Kita mungkin Kita merasa sudah mengetahui cicak dengan baik, padahal belum tentu. Ada beberapa ciri khusus yang akan disebutkan di bawah ini yang mungkin belum Kita ketahui.

Ciri Khusus Cicak

1. Cicak memiliki tubuh dengan panjang antara 7,5 sampai dengan 15 cm.

2. Jari kaki cicak lebar dan memiliki struktur yang empuk.

3. Jika Kita amati lebih seksama, maka akan Kita lihat bahwa jidat cicak itu sesungguhnya cekung.

4. Cicak memiliki mata yang berukuran besar dan tidak memiliki kelopak mata.

5. Cicak memiliki kepala berbentuk segitiga dengan kuping yang kecil dan bulat.

6. Ekor cicak memiliki sisik yang tampak mengkilat.

7. Perut cicak betina nampak translusen (tembus cahaya), sehingga jika ada telur di dalamnya maka dengan mudah akan terlihat.

8. Kebanyakan, cicak lebih aktif di sepanjang malam saat aktivitasi manusia tidak banyak. Hal itu wajar terjadi, karena cicak merupakan hewan yang waspada terhadap keadaan sekitar, dia bisa langsung melarikan diri saat merasa ada ancaman atau gangguan yang mendekat.

9. Untuk keperluan kawin, Cicak jantan mengeluarkan suara-suara untuk menarik perhatian si betina.

10. Ketahanan cicak terbilang sangat baik. Pada temperatur lingkungan yang dingin maupun keadaan panas di sepanjang bulan, cicak tetap dapat bertahan. Oleh karena itu, keberadaan hewan ini tidak mengkhawatirkan, bahkan terbilang memiliki jumlah yang banyak.

11. Sebagai makanannya, cicak memburu serangga-serangga yang berukuran kecil, seperti nyamuk.

12. Spesies cicak rumah tidak hanya bisa ditemukan di rumah, namun juga ada di hutan tropis, di lingkungan yang kering ataupun di semak belukar.

13. Cicak mencapai kematangan reproduksinya saat usia mereka 1 tahun. Biasanya, periode kawin cicak dimulai di bulan Maret dan berlanjut hingga bulan Juli.

14. Masa hidup seekor cicak dapat mencapai hingga 5 tahun.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>