Fakta-fakta Tentang Simpanse

infohewan.com – Kamu pastinya tahu simpanse bukan? Dalam cerita Tarzan, simpanse dikisahkan sebagai sahabat Tarzan yang memiliki nama Cheetah. Tahukah Kamu bahwa Simpanse merupakan hewan yang sering disebut-sebut sebagai hewan memiliki hubungan kekerabatan yang paling dekat dengan manusia? Karena hal tersebut, banyak ilmuwan yang tertarik untuk memelajari hewan yang satu ini.

Fakta Simpanse

sumber gambar: animal.discovery.com


Tidak hanya itu, simpanse bahkan sering digunakan sebagai hewan percobaan dalam memelajari efek suatu zat terhadap tubuh manusia, walaupun untuk keperluan tersebut membutuhkan izin yang cukup ketat pengaturannya. Banyak hal menarik untuk diketahui berkaitan dengan simpanse. Kalau Kamu mau tahu lebih lanjut simak fakta-fakta simpanse berikut ini ya:

  1. Layaknya Orangutan dan Gorilla, Simpanse bukan termasuk ke dalam family monyet, melainkan kera.
  2. Simpanse merupakan hewan yang berasal dari Afrika. Tahukah Kamu kalau kira-kira 50 tahun lalu ada jutaan simpanse yang bisa kita temui di habitat aslinya? Tetapi sekarang jumlah itu sudah jauh berkurang, saat ini hanya bisa kita temui sekitar 150000 sampai 175000 ekor simpanse saja di habitat aslinya itu. Jika keadaan tersebut terus dibiarkan bukan tidak mungkin simpanse menjadi hewan yang langka atau bahkan bisa punah.
  3. Tahukah Kamu kalau kita, manusia, dan Leopard merupakan ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup simpanse?
  4. Berdasarkan DNA yang dimilikinya, simpanse dan manusia memiliki kemiripan 98.4%, berarti kita dan mereka hanya berbeda 1.6%? Masa sih?
  5. Simpanse senang hidup berkelompok. Setiap kelompok terdiri dari 15-20 simpanse, mereka suka bersosialisasi antar sesamanya dan juga bersikap hangat, contohnya ketika saling berinteraksi mereka suka mencium, memeluk dan juga marah layaknya manusia.
  6. Normalnya, simpanse berjalan dengan menggunakan kedua tangan dan kedua kakinya, tetapi simpanse juga dapat berjalan tegak dengan hanya menggunakan kedua kakinya.
  7. Simpanse menghabiskan waktu untuk makan dan tidurnya di atas pohon
  8. Umumnya, makanan utama simpanse adalah buah dan tumbuhan, namun mereka juga makan serangga, telur, dan daging, termasuk bangkai. Sesungguhnya, makanan simpanse sangatlah bervariasi.
  9. Simpanse jantan dibilang dewasa ketika usia mereka mencapai 16 tahun. Sementara simpanse betina memiliki fase reproduktif pada saat usia mereka mencapai 13 tahun.
  10. Hewan primata yang hampir seluruh bagian tubuhnya ditutupi oleh rambut hitam ini umumnya dapat hidup hingga usia 50 tahun, bahkan jika dipelihara dengan baik bisa mencapai 60 tahun.
  11. Simpanse merupakan satu dari beberapa hewan yang mampu menggunakan alat dalam kegiatan sehari-harinya, contoh ketika mereka mencari makan mereka menggunakan tongkat kayu untuk mendapatkan serangga dari sarangnya, simpanse juga menggunakan batu ketika ingin memecahkan kacang atau menggunakan daun untuk minum air, bahkan simpanse juga bisa diajarkan untuk menggunakan tanda-tanda bahasa yang biasa digunakan oleh manusia.

(Dari berbagai sumber)


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>