Ciri-Ciri Khusus Unta

infohewan.com – Unta diketahui merupakan hewan yang pertama kali didomestikasi, yaitu yang pertama kali diadopsi dari kehidupan liar di alam ke dalam lingkungan kehidupan sehari-hari manusia. Domestikasi itu terjadi konon sejak masa prehistorik. Suatu fakta yang menarik mengenai Unta. Lebih dari itu, hewan ini memang tergolong unik, dan memiliki ciri-ciri khusus yang khas yang tidak dijumpai di hewan mamalia lainnya. Apa saja ciri khusus Unta? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Unta memiliki tubuh yang besar, beratnya bisa mencapai 800 kilogram dengan tinggi lebih dari 2 meter.

2. Ciri khusus Unta ditandai dengan adanya punuk di punggungnya. Jumlah punuk pada Unta bisa 1 ataupun 2, tergantung dari spesiesnya. Paling tidak saat ini diketahui ada 3 jenis Unta, yaitu Unta Bactrian dan Arabian, serta Camelus ferus. Unta Bactrian yang umumnya terdapat di kawasan Asia memiliki 2 punuk, sementara Unta Arabian yang tersebar di kawasan Timur Tengah memiliki 1 punuk. Camelus ferus sendiri sebenarnya merupakan Unta Bactrian namun masih liar, jadi dia memiliki 2 punuk.

Ciri Khusus Unta

3. Mata Unta memiliki bulu mata yang tebal dengan alis yang terdiri dari 2 baris. Baik bulu mata yang tebal ataupun 2 baris alis yang dimiliki Unta, keduanya berfungsi untuk melindungi mata Unta agar tidak kemasukan pasir yang sering tertiup angina di gurun.

4. Telinga Unta berukuran kecil, namun pendengarannya tajam. Unta memiliki telinga yang ditutupi oleh bulu yang berguna untuk mencegah masuknya pasir dan debu ke dalam saluran telinga.

5. Unta memiliki kaki yang panjang dengan otot-otot yang kuat, sehingga Unta dapat membawa muatan yang berat dengan jarak tempuh yang panjang. Unta dapat membawa beban hingga 450 kilogram, namun biasanya supaya nyaman Unta sebaiknya diberi beban seberat 150 kilogram.

6. Telapak kaki Unta memiliki bantalan yang lebar, rata, dan berkulit. Struktur telapak kaki yang seperti itu membuat Unta mampu untuk berjalan dengan baik di gurun pasir yang terdiri atas pasir. Setiap kaki unta memiliki dua jari kaki.

7. Bulu Unta mengalami rontok dan tumbuh kembali pada musim-musim tertentu. Sekali meranggas (rontok) bobot bulu Unta bisa mencapai 2 kilo lebih.

8. Suhu normal tubuh Unta bervariasi antara 34 hingga 42,7 derajat Celcius. Hal tersebut merupakan bentuk penyesuaian tubuhnya terhadap temperature gurun yang terbilang ekstrim, sangat panas di siang hari dan dingin di malam hari. Saat kepanasan, Unta dapat menyimpan air di tubuhnya lebih lama, karena pada temperature yang tinggi Unta tidak berkeringat, layaknya mamalia kebanyakan.

9. Masa hidup Unta hingga usia 40 tahun, namun biasanya di usia 25 tahun seekor Unta sudah diistirahatkan dari aktivitas tugasnya.

10. Ekor Unta memiliki panjang lebih dari 50 cm.


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>