Ciri-Ciri Khusus Singa

infohewan.com – Julukan sebagai raja hutan pada Singa agaknya kurang tepat, karena habitat Singa bukanlah di hutan, tapi lebih di lahan lapang terbuka yang jarang terdapat pohon seperti di hutan. Pengetahuan yang kurang tepat itu berkembang karena informasi mengenai Singa belum banyak tersebar dan diketahui banyak orang. Nah, berikut ini Kami akan mencoba memaparkan ciri-ciri khusus dari hewan singa yang merupakan hewan terbesar dari keluarga kucing ini.

Berikut ini Ciri-Ciri Khusus Singa:

Warna tubuh singa biasanya coklat muda. Ada juga yang tampak putih, khususnya di daerah Timbavati di Afrika Selatan. Namun, yang berwarna coklat gelap sangat jarang.

Singa Putih

Mata singa memiliki pupil yang bulat dan sangat teradaptasi pada lingkungan dengan sedikit cahaya. Daerah yang lebih putih yang ada di bawah mata singa berfungsi dalam mengoptimalkan penglihatan singa dalam lingkungan dengan sedikit cahaya.

Mata Singa

Indera yang paling berkembang di singa, layaknya hewan kucing yang lain, adalah indera penciuman. Singa, termasuk hewan kucing lainnya, memiliki organ pencium khusus yang terletak di langit-langit mulut yang disebut Jacobson’s organ. Mungkin terkadang Kamu melihat kucing menyeringai ketika mencium atau mengendus sesuatu, sebenarnya seringaiannya itu adalah usaha untuk membuka bibir mereka untuk melewatkan udara melalui organ Jacobson, sehingga membantu mereka dalam mengidentifikasi bau yang mereka jumpai itu.

Gigi singa memang didesain oleh Tuhan untuk memangsa hewan lain. Gigi-gigi singa dapat mengoyak, merobek dan memotong daging hewan mangsanya. Tidak hanya itu, pada lidahnya pun terdapat duri-duri yang kasar yang disebut papillae yang berfungsi untuk memisahkan daging mangsa dari tulangnya, serta untuk menata bulu-bulunya atau sebagai sisir.

Gigi Singa

Singa memiliki ketajaman penglihatan yang luar biasa saat malam hari, sehingga memungkinkan Singa untuk berburu mangsanya di saat hari gelap. Penglihatan singa 6 kali lebih sensitif terhadap cahaya dibandingkan dengan penglihatan manusia.

Singa jantan memiliki rambut surai yang merupakan karakteristik khususnya. Bersama dengan ukuran tubuhnya yang lebih besar dibanding singa betina, singa jantan tampil lebih mengintimidasi. Warna rambut surai yang semakin gelap menandakan kematangan singa jantan dan kondisi kesehatannya, hal itu akan mendapatkan rasa hormat lebih dari singa betina.

Surai Singa

Rambut surai singa jantan tampak kaku dan kasar. Rambut surai singa yang kaku dan kasar itu berfungsi untuk melindungi kepalanya saat perkelahian berlangsung.

Setiap kaki singa dilengkapi dengan bantalan yang lembut yang bertujuan agar gerakan singa terdengar tenang atau bisa diredam dengan bantalan tersebut.

Telapak Kaki Singa

Singa yang besar memiliki cakar berukuran hingga 38 mm atau lebih.

Singa merupakan hewan kucing satu-satunya yang memiliki ekor yang berumbai pada ujungnya. Dan di dalam rumbai itu terdapat duri yang sebenarnya merupakan gabungan tulang ekornya. Fungsi dari duri di ujung ekor singa itu masih belum diketahui. Sedangkan ekor singa berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuhnya.

Ekor Singa

Singa merupakan satu-satunya hewan yang termasuk dalam kucing besar yang hidup secara berkelompok. Mereka berkelompok untuk mengamankan wilayah mereka sekaligus untuk mencari mangsa. Kelompok singa disebut juga prides yang biasanya terdiri dari 15 ekor. Mayoritas anggotanya terdiri atas singa betina dan anak singa, sementara singa jantan biasanya hanya berjumlah 2 hingga 3 ekor.

Di dalam suatu kelompok singa, yang bertugas untuk berburu mangsa adalah singa betina. Biasanya mereka melakukan perburuan di malam hari atau nocturnal.

Sementara singa jantan bertugas untuk menjaga wilayah, menandainya dan mengaum jika ada penyusup dalam wilayahnya.

Singa mengaum untuk berkomunikasi dengan sesama anggota dalam kelompoknya. Aum-an singa paling keras di antara kucing besar lainnya, bahkan dapat terdengar hingga jarak 8 km. Dalam keluarga kucing, ada 4 jenis yang bisa mengaum, yaitu singa, harimau, leopard, dan jaguar, di antara keempat kucing besar itu, auman singa yang paling keras terdengar.


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>