Perbedaan Kodok dan Katak

infohewan.com – Jika bicara mengenai kodok, bukan tidak mungkin seseorang malah berpikir mengenai katak, begitu juga sebaliknya. Hal itu lumrah terjadi, karena secara morfologi keduanya memang hampir mirip, dan keduanya termasuk ke dalam keluarga amfibi. Namun, sesungguhnya dua hewan tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja perbedaan kodok dan katak? Berikut ini akan coba Kami bahas.

1. Dari segi klasifikasinya, Katak termasuk ke dalam famili Ranidae (ada sekitar 400 spesies), sementara Kodok termasuk ke dalam famili Bufonidae (ada sekitar 300 spesies).

2. Katak hidup di lingkungan yang dekat dengan air, sementara kodok tidak membutuhkan lingkungan hidup yang dekat dengan air.

3. Katak memiliki mata yang menonjol, bulat dan berada pada posisi yang tinggi. Sedangkan mata kodok berada pada posisi yang rendah, serta tidak menonjol layaknya Katak.

Mata Katak

Mata Katak

Mata Kodok

Mata Kodok

4. Kaki belakang Katak lebih panjang dibandingkan kaki belakang Kodok, begitu juga dengan kekuatannya, kaki belakang Katak lebih kuat ketimbang kaki belakang Kodok.

5. Kaki belakang Katak yang kuat membuatnya mampu untuk melompat jauh dan tinggi, sementara lommpatan Kodok tidak seperti lompatan katak. Kodok melompat tidak terlalu jauh dan tidak tinggi.

6. Pada umumnya, kulit Katak relatif halus dan terasa lembab, sedangkan kulit Kodok terdapat banyak jendulan dan terasa kering. Namun, ada juga kulit Katak yang memiliki banyak jendulan layaknya Kodok, yaitu Fire Belly Toad.

Fire Belly Toad

7. Katak memiliki banyak pemangsa, sementara Kodok tidak. Kulit Kodok memiliki rasa yang pahit, selain itu memiliki bau yang dapat membakar mata dan hidung hewan yang memangsanya. Hal itulah mengapa Kodok tidak memiliki banyak predator layaknya katak.

8. Katak memiliki perilaku yang lebih pemalu ketimbang Kodok. Untuk mengetahuinya, dekatilah Katak, maka dengan segera dia akan melompat menjauh, sedangkan Kodok tidak, walaupun Kodok didekati dia tidak akan langsung melompat jauh, malah mungkin akan diam saja.

9. Lidah Katak panjang dan lengket, sementara lidah Kodok pendek dan tidak lengket. Kodok memangsa makanannya dengan cara menghampirinya dan langsung menjejalkannya ke dalam mulut.

10. Jika diamati, telur Katak akan terlihat bergerombol, sedangkan telur Kodok akan tersusun seperti rantai.

Telur Katak

Telur Katak

Telur Kodok

Telur Kodok

11. Katak memiliki gigi Vomerine pada rahang atas, sementara Kodok tidak memiliki gigi.

Gigi Katak

sumber: infovisual.info


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>