12 Fakta Menarik Landak Mini

infohewan.com – Kepopuleran landak mini sebagai hewan peliharaan sudah tidak diragukan lagi. Bentuknya yang lucu, imut-imut dan menggemaskan, membuat landak mini dapat mencuri perhatian banyak orang. Terlebih, landak mini termasuk hewan yang mudah untuk dipelihara. Tidak hanya itu, landak mini masih memiliki fakta-fakta lainnya yang sangat menarik. Nah, berikut ini daftar fakta-faktanya:

1. Nama latin landak mini adalah Atelerix albiventris.

2. Spesies landak mini berasal dari benua hitam, Afrika. Oleh karena itu, dalam bahasa Inggris, landak mini disebut juga African Pygmy Hedgehog.

3. Di alam, masa hidup landak mini biasanya berkisar antara 2 hingga 3 tahun, namun jika dipelihara maka masa hidupnya bisa mencapai lebih dari itu, bahkan dapat mencapai 10 tahun.

4. Siklus reproduksi landak mini sangat cepat. Masa kehamilannya hanya mencapai 35 hari, dan jumlah anaknya dapat mencapai 6-8 tahun atau bahkan lebih dari itu.

5. Landak mini mempunyai 4 jari pada kaki belakangnya, sementara kaki depannya memiliki 5 jari.

6. Layaknya landak, landak mini juga lebih mengandalkan indera penciuman dan pendengarannya ketimbang indera penglihatannya.

7. Landak mini merupakan hewan yang aktif di malam hari atau disebut juga hewan nocturnal. Di alam, landak mini mencari makanan dimulai dari waktu fajar hingga sepanjang malam. Mereka bergerak sendiri-sendiri, tidak berkelompok dalam mencari makanan.

Landak Mini membentuk Bola

8. Ketika merasa terancam, landak mini akan membentuk dirinya menjadi seperti bola, dengan duri-duri berada pada sisi luarnya. Dan, saat merasa takut dan marah, dia akan mengeluarkan suara, seperti kicauan, mendesis, menggeram atau bahkan dapat berteriak.

9. Landak mini punya kebiasaan untk melumuri tubuhnya dengan saliva yang diproduksinya. Hal itu terjadi manakala dia menemukan aroma atau bau yang unik. Para peneliti belum yakin apakah yang dilakukan landak mini itu bertujuan untuk menarik lawan jenis untuk kawin atau bertujuan untuk perlindungan dirinya.

10. Landak mini termasuk hewan yang menarik untuk diteliti, bagaimana tidak landak mini memiliki ketahanan terhadap bisa ular. Bahkan, landak mini bisa mengonsumsi kalajengking tanpa harus merasa sakit sesudahnya. Ketahanan tubuhnya sungguh luar biasa dan dapat diteliti untuk mencari tahu mekanisme pertahanan yang terjadi di tubuh landak, sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia.

11. Landak mini sangat mudah untuk diberi makan. Berbagai macam serangga dapat diberikan padanya, bahkan, seperti yang dikatakan di atas, kalajengking pun bisa dikonsumsi oleh landak mini.

12. Landak mini tidak melakukan hibernasi (tidur panjang) seperti spesies landak yang lain. Bahkan, kalau landak mini sampai melakukan hibernasi, maka risiko kematiannya sangat besar.


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>