Fakta-fakta Menarik tentang Anjing

infohewan.com – Anjing dikenal dekat dengan manusia. Hewan favorit manusia sebagai peliharaan ini tidak dipungkiri lagi benar-benar bisa menjaga si pemiliknya. Bahkan ada cerita bahwa anjing dapat menjaga orang buta sebagai penuntun mereka beraktivitas.

Hewan Mamalia ini pertama kali didomestikasi di Asia Timur Tiongkok, kemungkinan besar seperti itu karena ras anjing tertua berasal dari China dan Jepang. Sedangkan di Indonesia sendiri PERKIN (Perkumpulan Kinologi Indonesia) mengakui Anjing Kintamani yang berasal dari Bali adalah anjing ras asli Indonesia. Namun, Fédération Cynologique Internationale (FCI) belum mengakuinya. Sebagai informasi, ada fakta menarik mengenai anjing yakni sudah ada ilmu yang mendalami khusus spesies anjing yang dikenal sebagai kinologi.

Anjing memang hewan yang cerdas dan dapat diandalkan. Hal tersebut dapat dilihat dari fakta-fakta menarik tentang anjing yang akan dipaparkan di bawah ini. Berikut mitos-mitos yang bertebaran tentang anjing, siapa tahu kita adalah salah satu yang percaya.

Mitos tentang Anjing

  • Anjing buta warna

    Ada yang berpendapat bahwa anjing dikromatis bisa disebut buta warna dalam ukuran manusia. Padahal fakta membuktikan melalui penelitian, yaitu anjing bisa membedakan warna bahkan penglihatannya lebih baik daripada manusia di tempat suram.

  • Moncong anjing yang kering panas petunjuk dia sakit

    Faktanya adalah moncong anjing bisa kering jika berada di suhu panas. Yang bisa dijadikan petunjuk apakah anjing sedang sakit atau tidak adalah aktivitasnya, jika dia lesu, tidak mau makan, muntah dan batuk berarti anjing sedang sakit.

Fakta Menarik tentang Anjing

  • Anjing bisa memonitor penderita Diabetes

    Anjing mampu mendeteksi gula darah rendah atau hypoglycemia dengan memberi isyarat melolong, menggonggong atau menjilat-jilat. Oleh karena itu ada anjing khusus dilatih untuk memonitor penderita Diabetes dinamakan diabetic service dogs.

  • Anjing bisa menghafal hingga 250 kosakata

    Kemampuan bahasa anjing setara dengan kemampuan bahasa anak balita berusia 2 tahun. Secara umum anjing dapat memahami 150 kosakata manusia.

  • Anjing pincang berarti ada gangguan paru-paru

    Kanker di rongga dada anjing menyebabkan pertumbuhan jaringan baru di tulang kakinya sehingga terjadi pembengkakan dan nyeri. Kelainan pada kaki anjing tersebut dinamakan hypertrophic osteopathy dan akan hilang seiring sembuhnya kanker paru-paru anjing tersebut.

  • Anjing dapat bertahan hidup dengan menjadi vegetarian

    Tahukah Kamu bahwa anjing tidak sepenuhnya karnivora. Mereka bisa bertahan hidup dengan makanan vegetarian yang diramu dengan baik. Namun memang berdasarkan penelitian dan percobaan yang pernah dilakukan, anjing yang kebutuhan proteinnya tidak terpenuhi bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot sehingga tidak mampu untuk bertahan lari berhari-hari.

Saking terkenalnya dan istimewanya hewan anjing di hati manusia sampai-sampai ada film yang mendokumentasikan persahabat antara anjing dan manusia. Mungkin Kamu sudah pernah dengar judul film Hachiko? Dan masih banyak film lain yang menampilkan hewan cerdas ini.


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>