Harimau Terbesar Di Dunia

infohewan.com – Spesies harimau memang selalu menarik untuk disimak, karakteristiknya sebagai binatang buas tak begitu saja membuat manusia menjauh, bahkan rasa ingin tahu manusia terhadap hewan yang memiliki corak kulit yang unik ini malah semakin besar. Jenisnya yang banyak dan tersebar di muka Bumi telah didata dan dipelajari oleh manusia secara komplit, termasuk dalam hal perbandingan ukuran antar-spesies harimau. Saat ini telah diketahui bahwa spesies harimau terbesar di dunia berada di wilayah Rusia bagian timur, yaitu harimau jenis Siberia atau lebih dikenal dengan sebutan Siberian Tiger, beberapa menyebutnya dengan nama Amur Tiger, karena mereka utamanya hidup di sekitar lembah sungai Amur.

Siberian Tiger, Harimau Terbesar di Dunia

Jika Kita lihat dari sisi ukuran, rasanya memang wajar kalau Siberian Tiger (Panthera tigris ssp. altaica) menyandang gelar sebagai harimau terbesar di dunia. Secara rata-rata, ukuran panjang harimau Siberia laki-laki mencapai 309 cm dengan bobot bisa mencapai hingga 300 kg, sementara untuk jenis betina, panjang rata-ratanya adalah 270 cm. Dengan ukuran tubuh yang seperti itu, Siberian Tiger ternyata lebih besar ketimbang Singa Afrika serta Harimau Bengal.

Harimau Terbesar di Dunia

Harimau Siberia utamanya hidup di hutan Birch di daerah Rusia Timur, serta juga ditemukan di China dan Korea Utara. Saat ini, jumlah spesies harimau Siberia mencapai 400 hingga 500 ekor, jumlah tersebut adalah hasil dari trend kenaikan jika dibandingkan pada periode waktu sebelumnya. Menurut studi yang dilakukan jumlah tersebut mencapai angka yang stabil. Diduga, jumlah yang stabil itu adalah sebagai akibat dari menurunnya aktivitas industri kayu di Rusia, sehingga kisaran luas hutan tidak berkurang.

Hewan yang termasuk ke dalam mangsa Harimau Siberia cukup beragam, yaitu meliputi rusa, babi liar, bahkan beruang. Tidak hanya itu, beberapa hewan kecil, seperti kelinci, sejenis tikus, serta ikan salmon, juga kerap dimangsa oleh Siberian Tiger. Pada prinsipnya, harimau Siberia memangsa hewan yang memiliki ukuran lebih kecil dibanding dengan dirinya.

Saat ini, Harimau Siberia masuk dalam daftar merah IUCN (International Union for Conservation of Nature).


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>