Apakah Hamster Bisa Makan Daging?

infohewan.com – Hamster adalah hewan omnivora, yang berarti bahwa makanan hamster tidak terbatas pada buah dan sayuran, namun hamster juga dapat memakan daging. Bagi hamster, daging merupakan sumber protein dalam makanannya. Oleh karena itu, kehadiran daging memberikan peran tersendiri dalam menciptakan menu yang sehat dan bergizi seimbang bagi hamster.

Jika kita melihat hamster yang hidup di alam liar, maka kita akan temukan bahwa mereka memasukkan serangga kecil dalam menu makanannya, seperti jangkrik ataupun belatung. Oleh karena itu, Kamu juga dapat memberikan jenis makanan yang sama pada hamster peliharaanmu. Jenis serangga seperti itu sudah umum diberikan ke hamster sebagai salah satu sumber proteinnya.

Selain serangga kecil, Kamu juga bisa memberikan daging ayam ataupun daging sapi yang telah dimasak kepada hamster kesayanganmu. Tidak hanya itu, makanan anjing dalam kemasan kaleng juga bisa Kamu berikan ke hamster.

Terlepas dari jenis dagingnya apa, yang terpenting adalah daging yang diberikan ke hamster sebaiknya tidak dikasih bumbu. Biarkan daging itu dikonsumsi oleh hamster tanpa harus diberi garam, lada ataupun bumbu lainnya.

Meski kita tahu bahwa hamster bisa diberi makan daging, namun kita juga kerap mendengar bahwa jika daging diberikan ke hamster maka bisa memicu perilaku kanibalisme pada diri hamster. Apakah itu benar? TIDAK. Itu adalah mitos yang berkembang yang tidak perlu dipercaya. Memang, tidak menutup kemungkinan hamster dewasa untuk memakan hamster muda, namun hal itu terjadi jika hamster nampak tidak sehat, ataupun jika tidak tersedia cukup makanan ataupun air. Serta dalam beberapa kasus, hamster kadang membunuh, atau memangsa, sesamanya jika lingkungan tempat tinggalnya terlalu padat dan tidak bersih. Nmaun, perilaku itu tidak disebabkan oleh pemberian daging ke dalam menu makanannya. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir dalam memberikan daging ke hamster kesayanganmu.


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>