Ciri-Ciri Khusus Bebek

infohewan.com – Hewan yang satu ini, bebek, cukup familiar kita jumpai di sekitar kita. Apalagi dihidupkan oleh karakter ciptaan Disney yang sering kita lihat di televisi, yaitu Donald Duck. Banyak hal menarik yang penting untuk kita ketahui dari bebek. Nah, berikut ini beberapa ciri khusus bebek:

  • Bebek memiliki kaki berselaput yang berfungsi untuk berenang. Kaki berselaput tersebut bertindak layaknya dayung ketika kita bermaksud untuk menggerakkan perahu. Dan tahukah Kamu kalau kaki bebek tidak bisa merasakan dingin bahkan saat mereka berenang di air es? Yup, hal itu memang benar, karena pada kaki bebek tidak terdapat sel-sel saraf, serta pembuluh darah.
  • Ciri Khusus Kaki Bebek

  • Salah satu ciri khusus bebek terletak pada bulu-bulunya. Bulu-bulu bebek ternyata kedap terhadap air atau waterproof loh. Hal tersebut disebabkan karena pada permukaannya terdapat lapisan minyak yang diproduksi oleh suatu kelenjar yang terdapat pada bagian ekor bebek. Minyak yang dihasilkan itu kemudian disebarkan ke seluruh permukaan bulu bebek dan membuatnya menjadi tahan air. Pada bagian dalam, bulu-bulu bebek memiliki tekstur yang lembut serta dapat berfungsi menghangatkan tubuh bebek.
  • Leher bebek dapat melengkung ke belakang hingga mencapai sayap, punggung serta dada. Kemampuan tersebut dimanfaatkan oleh bebek untuk dapat membersihkan dirinya sendiri. Pada saat membersihkan diri, paruh bebek mengusap-usap bulu-bulu pada area sayap, penggung dan dada. Bebek termasuk hewan yang menyukai kebersihan tubuh, sehingga mereka sering sekali membersihkan dirinya.
  • Ciri-ciri Bebek Membersihkan Diri

  • Bebek hidup pada lingkungan yang berair, karena mereka memang menyukai air. Bebek dapat ditemukan pada lahan basah, rawa, kolam, sungai, danau, serta lautan. Beberapa jenis bebek bermigrasi ke tempat yang hangat dimana tetap terdapat air (tidak membeku), sehingga bebek dapat berkembang biak, beristirahat sekaligus membesarkan anaknya. Bebek dapat ditemukan di seluruh permukaan bumi, kecuali di Antartika, karena di sana terlalu dingin untuk bebek.
  • Bagaimana membedakan antara bebek jantan dan bebek betina? Secara umum mereka dapat dibedakan dari warna bulunya. Bebek jantan akan memiliki warna yang lebih cerah ketimbang bebek betina yang lebih terlihat kusam. Warna yang kusam itu bermanfaat bagi bebek betina sebagai kamuflase untuk menghindari pemangsa saat bebek berada di dalam sarang. Sedangkan warna yang cerah pada bebek jantan berfungsi untuk menarik bebek betina. Nah, pada gambar di bawah ini tentu Kamu bisa membedakan mana bebek jantan dan mana yang betina ‘bukan?
  • Bebek Jantan dan Betina

  • Ciri khusus bebek lainnya adalah dari prilaku bertelurnya. Jumlah telur bebek dipengaruhi oleh waktu terang. Jika pada musim itu lebih banyak waktu gelap, maka jumlah telur bebek akan menjadi sedikit dibandingkan jika pada muim bertelur waktu terangnya lebih banyak lagi. Oleh karena itu, untuk menyiasati hal itu, peternak biasanya menggunakan cahaya lampu agar bebek tidak sedikit bertelur.
  • Telur bebek akan menetas dalam waktu 28 hari. Dan setelah menetas, induk bebek akan tetap bersama anak-anaknya untuk melindungi mereka dari para pemangsa, seperti elang, ular, rakun, kura-kura, serta ikan besar.
  • Bebek bisa kawin dengan antarspesies bebek lainnya. Oleh karena itu, kerap kita jumpai bebek memiliki warna yang bervariasi sebagai akibat dari perpaduan warna induknya.
  • Masa hidup bebek kurang lebih 2 hingga 12 tahun, tergantung dari spesiesnya.


loading...

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>