Ciri-Ciri Khusus Harimau

infohewan.com – Harimau merupakan salah satu hewan pemangsa terbesar yang ada di Bumi. Dalam rantai makanan, harimau berada di atas. Keberadaannya sangat lah penting. Namun, kini keberadaan harimau terancam. Di tahun 2010, WWF mencatat hanya ada sekitar 3200 harimau yang ada dan tersebar di seluruh dunia. Hewan yang satu ini memiliki ciri-ciri khusus tersendiri yang tidak ditemukan di hewan lain, termasuk hewan yang masih berada dalam satu famili dengannya (felidea). Nah, berikut ini ciri-ciri khusus harimau:

  • Ciri yang paling menonjol dari seekor harimau adalah belang yang dimilikinya. Belang yang dimiliki harimau membuat penampilannya tampak mencolok dibandingkan dengan hewan lainnya. Di saat yang sama, kelebihan/keindahan bulu harimau tersebut menggoda manusia untuk memilikinya, keserakahan manusia menuntun mereka untuk memburu harimau. Karena hal itulah, beberapa spesies harimau di Indonesia diketahui telah punah, seperti harimau Jawa dan Bali, sementara harimau Sumatera termasuk ke dalam jenis hewan langka.
  • Harimau memiliki “mata palsu” yang berada di belakang telinga mereka. Mata palsu ini sebenarnya merupakan pola dari bulu yang terdapat di bagian belakang telinga mereka. Mata palsu bagi harimau berfungsi untuk mengelabui predator yang mungkin datang dari belakang. Bagi predator, mata palsu pada harimau akan membuat tubuh harimau lebih besar daripada sosok mereka yang sebenarnya. Nah, berikut ini adalah penampakan “mata palsu” dari harimau:

    Ciri Khusus Harimau
  • Belang yang ada di kening harimau memiliki pola khusus. Pola belang pada kening harimau menyerupai salah satu karakter huruf Cina, yaitu “wang” yang berarti “Raja”.

    Karakteristik Belang Harimau
  • Warna bulu harimau bervariasi antar spesies-nya, namun umumnya para ahli menggambarkan bahwa semakin ke utara letak habitatnya, maka warna bulu harimau semakin terang/cerah. Demikian sebaliknya, semakin ke selatan habitat harimau di Planet Bumi, maka semakin gelap warna bulunya. Hal tersebut disinyalir merupakan bentuk adaptasi harimau dengan lingkungannya.
  • Kaki belakang harimau lebih panjang daripada kaki depannya. Namun, kaki depannya lebih kuat dibandingkan dengan kaki belakangnya, tula kaki depan harimau lebih kuat dan padat dengan tujuan untuk mendukung otot yang besar. Kekuatan yang besar pada kaki depan dibutuhkan harimau untuk melumpuhkan mangsanya.
  • Suara raugan harimau sangat keras, bahkan terdengar hingga mencapai 3 km. Salah satu fungsi raungan harimau adalah untuk membuat tertarik lawan jenis.
  • Bantalan kaki harimau sangat besar, hal tersebut dibutuhkan agar dapat mengintai mangsanya tanpa mengeluarkan suara, karena suara yang mungkin muncul dari langkah kaki harimau telah diredam oleh bantalan yang besar pada kaki harimau.
  • Jumlah gigi Harimau relatif lebih sedikit dibandingkan dengan hewan karnivora lainnya, semisal anjing yang memiliki 42 gigi, sementara hariamu hanya 30 gigi.
  • Harimau memiliki gigi taring terbesar di antara spesies kucing besar lainnya, yaitu dengan panjang sekitar 6.4 hingga 7.6 cm.
  • Panjang ekor semua spesies harimau adalah berkisar 1 meter. Ekor harimau memegang peranan penting dalam proses komunikasi-visual sesama mereka. Selain itu, ekor harimau juga berperan sebagai alat keseimbangan saat harimau membelok ketika sedang berlari mengejar mangsanya.

loading...

4 Comments

  1. 1
  2. 2
  3. 3

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>