Mengapa Cacing Tanah Dapat Menyuburkan Tanah?

infohewan.com – Bagi para petani, memiliki tanah yang subur adalah suatu keharusan, karena hal itu akan menjamin keberhasilan panen dan tentunya keuntungan bagi petani itu sendiri. Di sisi lain, Tuhan sebenarnya telah menganugerahkan tanah bagi para petani suatu komunitas biologis yang memiliki peran dalam menyuburkan tanah. Salah satu mahluk biologis yang berperan besar dalam meningkatkan kesuburan tanah adalah cacing tanah.

Menurut Charles Darwin, cacing tanah telah ada sejak dulu dan berjasa dalam membajak tanah secara berkesinambungan hingga saat ini. Membajak adalah hal yang dilakukan cacing tanah jauh sebelum manusia melakukannya, dengan membajak tanah, cacing tanah telah berjasa dalam memberi jalan bagi udara dan air yang berperan dalam proses penyuburan tanah. Proses pembajakan adalah cara untuk memberikan akses bagi udara dan air menuju akar tanaman. Udara dan air adalah unsur esensial bagi kelangsungan hidup tumbuhan, tanpa udara dan air tumbuhan tidak akan tumbuh dengan baik, lihat saja bagaimana tumbuhan akan mati ketika tanah kering dan keras.

Cacing tanah membajak tanah dengan cara melubanginya sehingga seolah-olah seperti membuat sebuah terowongan. Dari “terowongan” itulah udara dan air akan masuk ke dalam tanah hingga akhirnya sampai ke akar tumbuhan. Selain itu, saat cacing tanah menggali di saat yang bersamaan mereka mengeluarkan lendir dari tubuhnya. Nah, lendir itulah yang dapat juga berperan sebagai nutrisi bagi tanah, karena tingginya kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah untuk menjadi subur.

Mekanisme lain yang dilakukan cacing tanah untuk menyuburkan tanah adalah melalui “produk” yang dihasilkan oleh pencernaannya yang disebut casting. Cacing tanah mengonsumsi berbagai makanan yang tersedia di lingkungan sekitarnya, seperti daun-daunan yang mati, pangkasan rumput, dan bahkan debu. Setelah berbagai macam makanan tersebut dicerna, cacing tanah memroduksi bahan yang kemudian diekskresikan (dikeluarkan) ke tanah. Ekskret tersebut yang disebut dengan casting kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah. Mau tahu seperti apa casting-nya cacing tanah itu? Nah, ini dia penampakannya:

Cacing Tanah Menyuburkan Tanah

Casting cacing tanah itu kaya akan fosfor, kalsium, nitrogen dan magnesium. Keempat unsur itu sangat esensial dibutuhkan oleh tumbuhan agar tumbuh dengan baik dan tetap sehat.

Jika Kamu ingin agar tanah atau lahan di rumah Kamu mengandung cacing tanah yang banyak, maka Kamu bisa menambahkan materi organik ke tanah atau lahan Kamu. Materi-materi organik tersebut contohnya adalah daun-daunan mati ataupun serpihan atau pangkasan rumput. Pupuk Kompos juga termasuk ke dalam materi organik yang bisa Kamu tambahkan pada tanah agar jumlah cacing tanah bertambah banyak.

Itulah beberapa cara yang dilakukan cacing tanah untuk menyuburkan tanah.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>