Apa sih Makanan Landak?

infohewan.com – Kita mengenal landak sebagai hewan berduri yang secara fisik terlihat menakutkan. Namun, sekarang ini banyak dijumpai mereka yang suka memelihara hewan berduri ini. Dalam memelihara landak ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yang paling utama adalah makanannya. Salah-salah memberi makan ke landak dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan juga masa hidupnya. Berikut ini sedikit informasi mengenai makanan landak yang bisa Kamu berikan ke hewan peliharaanmu.

Pada dasarnya landak merupakan hewan pemakan serangga, namun sebenarnya di alam hewan ini termasuk hewan oportunis yang tidak hanya memakan serangga tetapi juga hewan lain seperti siput dan cacing, serta tumbuhan dan buah-buahan. Atas dasar hal tersebut lah kemudian makanan landak komersial diformulasi. Makanan landak buatan tersebut pada umumnya mengandung kitin (bahan penyusun rangka luar serangga). Namun, jika Kamu tidak bisa menemukan makanan komersial yang tersedia untuk landak, maka Kamu bisa menggantikannya dengan bahan makanan yang Kamu formulasi sendiri atau makanan hewan lain juga bisa diberikan.

makanan landak

sumber gambar: guardian.co.uk

Pada prinsipnya makanan landak harus kaya akan protein dan rendah lemak. Jika dipresentasikan maka makanan landak harus mengandung setidaknya 30% protein dan tidak lebih dari 15% lemak. Makanan kucing yang kering dan rendah lemak juga bisa diberikan ke landak. Dalam satu hari, berikan landak 4 sendok makanannya, jangan sampai berlebihan nanti bisa obesitas landak peliharaanmu. Jika berat badannya mulai berlebih, maka kurangi menjadi 3 sendok untuk per harinya.

Untuk meracik makanan landak sendiri, Kamu bisa menggunakan bahan-bahan segar, seperti sayuran dan daging, yang dimasak tanpa bumbu. Landak ternyata juga memerlukan sayuran segar agar tubuhnya tetap sehat loh. Sayuran seperti kubis, kembang kol dan sayuran hijau lainnya bisa Kamu berikan ke landak. Selain itu, buah-buahan seperti apel dan pir juga bisa diberikan untuk landak. Jangan berikan makanan segar itu setiap hari, sebaiknya 4 kali dalam seminggu.

Makanan lain yang bisa diberikan untuk landak adalah serangga, seperti jangkrik yang bisa Kamu beli di tempat-tempat tertentu. Jika Kamu ingin memberikan jangkrik untuk landakmu, maka tempatkanlah jangkrik pada tempat berventilasi dan taruhlah buah yang mengandung banyak air di dalamnya agar jangkrik bisa memakannya (dan mendapatkan air) sebelum disantap oleh landak.

Lalu, perlukah vitamin atau suplemen diberikan ke landak? Selama makanannya seimbang, maka Kamu tidak perlu memberikan tambahan vitamin atau suplemen. Jika memang ingin memberikan tambahan vitamin atau suplemen, maka konsultasikanlah dengan dokter hewan.

One comment

  1. 1

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>