Ikan Paus Terbesar Di Dunia

infohewan.com – Jika Kita membicarakan ikan paus, satu hal yang langsung terbayang adalah ukurannya yang besar. Bagaimana tidak? Ukuran ikan paus bisa berkali-kali lipat dari hewan darat paling besar sekalipun, yaitu gajah. Ikan paus terbesar di dunia yang telah diketahui saat ini adalah Paus Biru (Balaenoptera musculus). Paus Biru memiliki ukuran yang sangat besar, saking besarnya bahkan paus biru lebih besar dari dinosaurus yang paling besar sekalipun.

Ikan Paus terbesar yang pernah diukur adalah ikan paus betina dengan berat 171000 kg dan panjang lebih dari 27 meter. Sedangkan ikan paus terpanjang yang pernah diukur adalah sepanjang 33 meter. Kalau dibandingkan dengan mobil, kira-kira panjang ikan paus setara dengan 9 mobil keluarga yang dijejerkan, dan kuran jantungnya setara dengan ukuran 1 buah mobil, pembuluh darahnya sangatlah besar, bahkan Kamu bisa berenang di dalamnya.

Berikut ini gambar dari ikan paus terbesar di dunia dibandingkan dengan jenis ikan paus lainnya:

Perbandingan Ikan Paus Biru

CREDIT: Smithsonian Institute

Dan ini perbandingan ukuran ikan paus biru dengan hewan lainnya, termasuk manusia:

Ukuran Paus Biru

sumber gambar: www.datavisualization.ch

Jika paus biru bisa sebesar itu kira-kira makanannya apa ya? Ternyata makanan paus biru adalah krill, yaitu sejenis crustacean (keluarga udang-udangan) yang berukuran kecil yang hidup di seluruh lautan di dunia, begitu juga paus biru yang tersebar di seluruh lautan. Pada saat makan, seekor paus biru bisa menghabiskan lebih dari ribuan krill dengan sekali menelan dengan menggunakan lidahnya yang seberat seekor gajah, WOW lidahnya saja seberat gajah.

Paus biru yang berukuran besar juga memproduksi suara yang besar pula. Para ilmuwan telah mengukur suara yang dihasilkan oleh paus biru dengan menggunakan decibel meter. Mereka berhasil merekam suara yang diproduksi oleh paus biru, yaitu sebesar 188 desibel. Sebuah pesawat jet saja yang berisik saat hendak lepas landas menghasilkan suara 120 desibel, nah kebayang kan sekarang gimana kerasnya suara yang diproduksi oleh paus biru. Bisa dibilang, paus biru adalah hewan yang memiliki suara paling keras di dunia.

Ini dia wajah dari si Paus Biru

Paus Biru

Dan, berikut ini klasifikasi dari Paus Biru:

  • Kingdom: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Mamalia
  • Ordo: Cetacea
  • Familia: Balaenopteridae
  • Genus: Balaenoptera
  • Spesies: Balaenoptera musculus

One thought on “Ikan Paus Terbesar Di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>