Tanda-Tanda Hamster Hamil

infohewan.com – Bagi para penyuka hamster, memiliki hamster yang hamil tentunya sangat menyenangkan, karena akan ada anggota keluarga baru yang akan hadir yang berarti akan menambah koleksi hamstermu. Seekor hamster akan menjalani masa kehamilan selama 16-21 hari, tergantung dari spesiesnya. Nah, jika memang benar hamster Kamu hamil, maka ada beberapa tanda yang harus Kamu sadari sebagai pemiliknya, karena jika Kamu tidak menyadarinya maka akan ada kejadian yang tidak menyenangkan di kandang hamstermu. Oleh karena itu, berikut ini tanda-tanda hamster hamil yang harus diketahui:

  • Jika seekor hamster betina tengah hamil, maka dia akan lebih agresif terhadap hamster lain dibandingkan biasanya. So, jika hamster jantan masih ada dalam satu kandang, maka sebaiknya pisahkan hamster jantan itu ke kandang lain, kalau tidak maka hamster hamil akan melukainya.
  • Hamster yang tengah hamil akan meningkat aktivitasnya, terutama dalam hal membuat sarang. Hamster tersebut hendak menyiapkan tempat untuk bayi haster yang akan lahir beberapa minggu ke depan.
  • Layaknya manusia, berat badan hamster yang hamil akan meningkat seiring dengan meningkatnya nafsu makan sang hamster beberapa hari setelah proses konsepsi (pembuahan) terjadi. Hamster juga akan lebih banyak menyimpan makanan di dalam sarangnya, jika Kamu mendapati hal tersebut maka Kamu harus memperhatikan kemungkinan hamster Kamu hamil.
  • Tanda-tanda Hamster Hamil

    sumber gambar: hamsterplane.blogspot.com

  • Tidak hanya nafsu makan, konsumsi air hamster hamil juga akan meningkat. Rasa haus yang kerap kali menyertai hamster yang tenah hamil.
  • Hamster menjadi malas. Jika Kamu melihat bahwa hamster Kamu lebih sedikit melakukan latihan disbanding hari biasanya, maka ada kemungkinan dia tengah hamil.
  • Puting hamster tampak lebih jelas. Lihat putting hamster Kamu, jika terlihat sangat jelas, maka kemungkinan 99.9% dia memang positif hamil.
  • Sehari sebelum melahirkan, hamster betina akan sangat sibuk membangun sarangnya untuk kelahiran anak-anaknya nanti. Nah, untuk Kamu, jangan menyentuh sarangnya dalam waktu mendekati kelahiran anak-anak hamster, karena sentuhan Kamu akan membuat bau di sekitar sarang menjadi berbeda, hal itu akan membingungkan sang induk, jika sudah bingung bisa jadi dia tidak akan mengurusi anaknya (karena bau yang berbeda, si induk akan menganggap bahwa bayi itu bukanlah anaknya), mungkin juga akan melukai atau bahkan memakan anaknya. Jika Kamu ingin membersihkan kandang hamster betina, lakukan 3-4 hari sebelum hari kelahiran.

Setelah hamster melahirkan anak-anaknya, Kamu jangan sampai menyentuh mereka, biarkan sang induk melakukan semua tugasnya.


loading...

2 Comments

  1. 1
  2. 2

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>